Pengertian Marketing MIX dan contohnya – 2019

marketing mix untuk bisnis

Marketing mix adalah strategi pemasaran yang di dalamnya memiliki beberapa komponen, komponen tersebut berupa product, price, place, dan promotion yang kini biasa disebut dengan 4P. Hal ini dikemukakan oleh Jerome McCarthy pada tahun 1968.

marketing mix
marketing mix membantumu lebih mudah mengevaluasi bisnis

Selain analisis SWOT, anlisis menggunakan marketing mix ini juga populer dikalangan pebisnis. Meskipun gagasan tersebut sempat di bantah oleh beberapa ahli yang menyatakan bahwa marketing mix memiliki 7 komponen atau disebut dengan 7P, dimana komponen tersebut juga terdapat people, process, dan physical evidence. Walaupun terdapat gagasan 7P namun yang populer digunakan adalah 4P, sehingga banyak perusahaan menggunakan pendekatan 4P dalam sebuah pemasaran.

4p Marketing Mix

Product (Produk)

Produk merupakan komponen penyusun marketing mix yang pertama, produk sendiri bisa berupa barang maupun jasa yang dibutuhkan oleh pasar. Suatu usaha atau bisnis wajib memiliki produk yang dijual baik barang ataupun jasa. Kamu bisa juga mencari produk melalui online yang mana terdapat pihak yang menawarkan bisnis online tanpa modal. Dan disini produk yang dibuat atau yang akan kamu jual juga harus memiliki target pasar yang baik dan juga jelas.

Misalnya saja sebuah bank yang menawarkan jasa perbankan berupa peminjaman modal, menyimpan uang, mengirim uang, dan lain sebagainya. Produk berupa perbankan ini memiliki pasar yang sangat luas namun tetap jelas dan sistematis, sehingga tak heran bank memiliki banyak sekali konsumen yang membutuhkan jasa tersebut.

Price (Harga)

Komponen marketing mix yang selanjutnya adalah price atau harga, strategi menentukan harga yang tepat merupakan hal yang sangat vital dalam sebuah produk. Harga sebuah produk harus di analisa melalui kebutuhan konsumen, tingkat pesaing, kesulitan mendapatkan bahan, hingga biaya produksi juga harus diperhatikan dengan baik untuk mendapatkan harga yang optimal.

Garuda Indonesia adalah contoh perusahaan yang menerapkan konsep price yang baik dan sistematis, disini perusahaan maskapai ini memiliki banyak pesaing, konsumen terbatas, dan biaya operasi yang mahal namun tetap menyediakan harga yang terjangkau. Hal tersebut tidak lepas dari perencanaan yang matang dalam pemasarannya berupa price atau harga yang ditawarkan.

Place (Tempat)

Selanjutnya, komponen marketing mix kedua adalah place atau bisa juga disebut dengan tempat penjualan adalah komponen yang sangat vital, dimana semakin strategis tempat yang digunakan maka semakin maksimal pula tingkat penjualan yang dilakukan. Tempat tersebut harus memenuhi beberapa syarat seperti dekat dengan pasar, mudah dijangkau, dan juga memiliki fasilitas yang lengkap.

Salah satu perusahaan yang sangat baik dalam pemasaran dengan penekanan konsep place ini adalah Indomaret, perusahaan yang bergerak di bidang ritel ini sukses menyediakan tempat dengan fasilitas lengkap, mudah terjangkau, dan dekat dengan pasar tujuan. Hal ini tidak lepas dari survei dan identifikasi lokasi sebelum Indomaret didirikan di suatu wilayah.

Promotion (Promosi)

Faktor atau komponen dalam strategi pemasaran yang terakhir adalah promosi atau promotion, promotion ini berguna untuk memperkenalkan sebuah produk kepada khalayak ramai. Pengenalan tersebut bisa berupa ciri-ciri produk, jenis produk, hingga kelebihan yang ditawarkan oleh sebuah produk yang dipasarkan.

Penerapan promosi yang bagus akan membuat sebuah produk semakin laku walaupun memiliki harga yang mahal, salah satu contohnya adalah perusahaan Apple yang bergerak di bidang teknologi. Walaupun harga yang ditawarkan mahal, namun Apple sukses memasarkan produknya dengan berbagai promosi yang dilakukan di berbagai media.

Banyak sekali media yang dapat kamu manfaatkan secara gratis untuk promsi bisnismu. Kamu bisa buat website gratis, media sosial seperti instagram, facebook page, twitter tanpa biaya sedikitpun.

Marketing mix tidak hanya sebatas perencanaan pemasaran saja, namun marketing mix sendiri merupakan sebuah acuan yang patut dipertimbangkan untuk memasuki sebuah pasar. Hal ini berguna untuk bisa membuat suatu produk baru bisa bersaing dengan produk lainnya, dimana marketing mix yang baik juga akan membuat produk menjadi baik di mata para konsumen.

Leave a Comment





Masukkan hasil perhitungan pada form yang di bawah ini : *

Platform Buat Website Cepat. Abuse Report